Wednesday, July 25, 2012

Tips Memelihara Kucing: Mengenal 3 Jenis Kucing Siam

Tips Memelihara Kucing: Mengenal 3 Jenis Kucing Siam

Siamese cats 1 150x150 Tips Memelihara Kucing: Mengenal 3 Jenis Kucing Siam
Kucing Siam (Siamese Cat) adalah jenis kucing domestik berbulu pendek yang berasal dari Siam, sekarang Thailand.
Kucing Siam dikenal mampu mengeluarkan berbagai suara serta teriakan. Kucing Siam lahir tanpa warna atau pola tertentu. Warna serta pola rambut mereka akan berkembang saat mereka dewasa.
Warna gelap muncul di telinga, moncong, kaki, dan ekor mereka. Banyak orang beranggapan hanya ada satu jenis kucing Siam.
Pada kenyataannya, sebenarnya ada tiga jenis kucing Siam yang semuanya memiliki penampilan yang mirip.
Berikut adalah ketiga jenis kucing Siam:
1. Kucing Siam Tradisional (Traditional Siamese Cat)
Kucing Siam Tradisional disebut juga Applehead Siamese karena bentuk kepalanya seperti apel. Nama tersebut diusulkan oleh The Traditional Cat Association, Inc.
Tubuhnya yang bulat dan tulang yang berat dari kucing Siam Tradisional cocok dengan kepalanya yang bulat. Kucing Siam tradisional berukuran paling besar diantara ketiga jenis kucing Siam.
2. Kucing Siam Klasik (Classic Siamese Cat)
Kucing Siam Klasik disebut juga kucing Siam Old-Style. Kucing Siam Klasik memiliki penampilan yang mirip dengan jenis kucing Siam Tradisional, namun ukurannya lebih kecil.
Kucing Siam Klasik memiliki ekor dan kaki yang lebih panjang, serta penampilannya lebih memanjang dibandingkan dengan kucing Siam Tradisional.
Kucing Siam Klasik memiliki bentuk wajah yang lebih mirip segitiga disertai cekungan kecil di hidungnya. Jenis kucing ini terkenal memiliki sedikit masalah kesehatan.
3. Kucing Siam Modern (Modern Siamese Cat)
Kucing Siam Modern atau Wedgehead Siamese adalah satu-satunya jenis kucing Siam yang telah direkayasa secara genetis.
Kucing Siam Modern merupakan hasil persilangan antara kucing Siam Tradisional dengan kucing Siam Klasik. Jenis kucing Siam Modern mudah dikenali karena kepalanya berbentuk seperti baji.
Telinganya yang besar dan runcing serta hidungnya yang panjang hingga kerampingan tubuhnya, membuat kucing Siam modern memiliki penampilan yang mudah diingat.
Sayangnya, jenis kucing ini tidak sesehat seperti kucing Siam Tradisional dan Klasik, serta memiliki kecenderungan hidup yang lebih pendek.
Harapan hidup kucing Siam Modern berkisar antara dua hingga lima tahun.
Kesamaan
Ketiga jenis kucing Siam ini memiliki pola dan warna yang sama. Pola warna kucing Siam termasuk diantaranya adalah titik merah (red point), seal point, titik coklat, titik biru, titik abu-abu, dan lilac point.
Semua jenis kucing Siam memiliki mata berwarna biru. Kucing Siam dikenal karena loyalitas, kecerdasan, dan rasa ingin tahunya

No comments:

Post a Comment