Wednesday, July 25, 2012

Memelihara Kucing: 6 Tips Melatih Kucing Siam

Memelihara Kucing: 6 Tips Melatih Kucing Siam

Siamese cats 2 150x150 Memelihara Kucing: 6 Tips Melatih Kucing Siam
Menurut sejarahnya, kucing Siam adalah keturunan dari kucing yang dikorbankan di kuil-kuil suci di Siam, yang merupakan nama lain dari Thailand.
Kucing Siam dikenal karena keramahan, penampilan mereka yang unik, dan suara yang lebih vokal daripada ras kucing lainnya.
Anda bisa melatih kucing Siam agar mampu menggunakan kotak khusus saat buang air (toilet training) dan mencegah perilaku yang merusak seperti mengunyah dan menyemburkan ludah serta kotoran di sekitar rumah.
Berikut adalah tips dan cara melatih kucing Siam:
1. Beri makan kucing pada waktu yang sama setiap hari untuk mengatur sistem pencernaan dan memastikan kucing buang air besar di sekitar waktu yang sama.
Amati waktu pencernaan kucing Siam kesayangan Anda.
Perhatikan tanda-tanda jika kucing ingin buang air besar, seperti mencakari lantai atau mencari tempat yang tersembunyi seperti di belakang sofa atau di bawah meja.
2. Tempatkan kucing di kotak khusus buang air bila menunjukkan tanda-tanda akan buang air besar.
Biarkan kucing untuk mengendus-endus dan terbiasa dengan kotak tersebut.
Pada awalnya, kucing mungkin tidak buang air besar pada setiap kesempatan di kotak yang sudah disediakan, tapi dia akan belajar mengenai lokasi dan tujuan dari kotak tersebut.
3. Tutupi kotoran (urin atau tinja) dengan pasir dengan menggunakan cakar kucing Anda setelah dia buang air.
Secara naluriah, kucing akan mengubur urin atau tinja mereka, namun jika ini tidak terjadi, Anda perlu melatihnya.
Latihlah kucing dengan sabar dan mengubah aktivitas ini menjadi suatu permainan sehingga kucing Anda bisa menikmati proses toilet training.
4. Berikan reward untuk kucing Anda jika buang air serta mengubur urin atau tinjanya.
5. Bermain bersama selama 20 hingga 30 menit setiap hari bisa menyalurkan energi dan mengurangi kemungkinan kucing Siam melakukan perilaku destrukstif.
6. Sediakan tempat untuk menggaruk dan mainan yang aman untuk kucing Siam Anda, sehingga dia tidak akan bosan saat Anda pergi

No comments:

Post a Comment